Proses Pembuatan Bedug

Bedug merupakan perangkat musik tradisional, dimainkan dengan cara dipukul. Bedug biasanya mengiringi  tari-tarian, nyanyian dan alunan irama musik. bagi ummat islam bedug digunakan sebagai sarana untuk menandai waktu shalat sudah tiba.

Sejak dahulu di kami membuat bedug untuk kebutuhan masjid - masjid di seluruh indonesia, ukuran bedug pun beragam serta dilengkapi dengan kaligrafi nama masjid yang tertera disamping kanan dan kiri bedug. 


Proses pembuatan bedug tergolong rumit, pertama harus menyiapkan kulit binatang sebagai bahan dasar bedug, kemudian kulit binatang tersebut di jemur hingga kering, setelah kering kulit dihaluskan dengan mesin penghalus. Bahan dasar lain yang paling penting adalah kayu, supaya menghasilakn suara yang bagus dan nyaring, biasanya menggunakan kayu yang keras dan diameternya kira-kira 80 centimeter tergantung ukuran bedugnya. Bahan lainnya adalah kayu untuk penyangga bedug, bambu dan tali. Setelah semua bahan disiapkan, langkah selanjutnya adalah proses pemasangannya, dan terakhir pewarnaan seperti yang dapat kita lihat gambar dibawah ini:







0 komentar "Proses Pembuatan Bedug", Silahkan Bertanya atau Memberi Masukkan Komentar

Poskan Komentar